Pemerintah Desa Jembayan Tengah
Kec. Loa Kulu Kab. Kutai Kartanegara
Kalimantan Timur

Cuaca Hari ini Loading....

Minggu, 14 Apr 2024,
Pembukaan Festival Kampong Seraong Jembayan Tengah Berlangsung Meriah
(0)

Pembukaan Festival Kampong Seraong Jembayan Tengah Berlangsung Meriah

Festival Kampong Seraong (FKS) II Desa Jembayan Tengah Kecamatan Loa Kulu, telah resmi dibuka pada Sabtu (22/6) pagi di panggung halaman Kantor Kepala Desa setempat. FKS II yang digelar hingga 29 Juni 2019 itu dimeriahkan dengan berbagai kegiatan seni dan budaya, serta kegiatan lainnya diantaranya bersepeda, lomba kicau burung, pentas seni, permainan tradisional, pasar rakyat, itsbat nikah, lomba lukis, beseprah (makan bersama), zumba, lampion, penanaman pohon, hingga tabligh akbar.

Kepala Bidang Pembinaan Industri Pariwisata Dinas Pariwisata Taufik Rahmani membacakan sambutan Bupati Kukar Edi Damansyah saat membuka acara itu mengatakan menyambut baik FKS II, yang menandakan bahwa masyarakat Desa Jembayan Tengah memiliki semangat kebersamaan, gotong royong dan bersikap terbuka dalam mengembangkan potensi desa yang dimiliki. "Semangat kebersamaan ini menjadi modal dasar untuk mewujudkan pemberdayaan masyarakat dalam mengelola secara mandiri berbagai potensi yang dimiliki desa," ujarnya.

Disampaikannya, hadirnya festival tersebut dalam konteks kekinian, tidak dapat dipandang sebagai perayaan atau hiburan biasa, maka memerlukan persiapan. Untuk itu pelaksanaan sebuah festival mesti menjawab apa yang menjadi keinginan dari penyelenggara. Baik siapa saja pesertanya, target pengunjung, hingga sebera besar manfaat ekonomi yang dirasakan masyarakat.

Selanjutnya, penyelenggaraan festival seni budaya semacam ini meskipun berlangsung pada tingkat desa, namun turut berkontribusi kepada daerah, khususnya dalam membangun ekonomi Kreatif Seni Pertunjukan, dimana Kukar telah dietapkan sebagai salah satu Kabupaten Kreatif Seni Pertunjukan di Indonesia.

Bupati berharap penyelenggaraan FKS II mendorong masyarakat untuk secara aktif memetakan potensi desanya, mengelolanya dan menghadirkannya untuk masyarakat luar. "Maka saya harap kaum muda setempat dapat menjadi penggerak bagi kelompok sadar wisata (Pokdarwis) sebagai mitra pemerintahan desa dalam memajukan potensi budaya dan wisata desa yang dikembang di desa ini," demikian harapnya.

Kepala Desa Jembayan Tengah Rahimin bersama Ketua panitia pelaksana acara tersebut M Ali Sadikin mengatakan FKS merupakan perwujudan dari puncak pemberdayaan keberlanjutan masyarakat Jembayan Tengah dalam berbagai bidang, untuk terus membuka wawasan dan peluang serta meningkatkan sumberdaya manusia Jembayan Tengah. "FKS II ini bertepatan dengan hari jadi Desa Jembayan Tengah, jadi kegiatan ini juga untuk memeriahkan ulang tahun desa kami. Terimkasih kepada semua pihak baik Pemerintah Kecamatan, Perusahaan dan warga hingga terlaksananya acara ini," ujarnya.

Rahimin mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk menggali dan mengenalkan berbagai potensi Desa Jembayan Tengah, baik alam maupun seni budaya. Selaian itu, juga untuk menggelorakan semangat gotong royong masyarakat setempat, serta memupuk persatuan dan kekompakan warga Desa Jembayan Tengah. Desa Jembayan Tengah digambarkan seperi seraong yaitu melindungi dari panas atau hujan, filosofinya adalah menjaga persatuan dari berbagai suku yang ada di Jembayan Tengah. Terkait Kampong Seraong, Ali mengatakan di Jembayan Tengah memang terkenal dengan terdapat satu dusun yang warganya merupakan pengrajin atau pembuat Seraong (caping, pelindung kepala). Bahan pembuatan seraong tersebut dari daun tanaman selingsing.

"Maka dinamai Dusun Selingsing, merupakan kampong tertua di Jembayan Tengah, sehingga kami mengangkatnya dalam festival untuk memperkenalkan Kampong Seraong tersebut," ujarnya. "Berbagai kesenian, permainan tradisional, dan kegiatan menarikakan dilaksanakan pada festival ini, tentunya menarik untuk disaksikan, silahkan datang ke Jembayan Tengah," demikian ujarnya. Pembukaan FKS II Dihadiri Camat Loa Kulu Adriansyah beserta unsur Muspika, aparat Desa setempat, para undangan, serta masyarakat setempat.

Tags: berita
download.jpeg

Agus salim

Menulis adalah mencipta, dalam suatu penciptaan seseorang mengarahkan tidak hanya semua pengetahuan, daya, dan kemampuannya saja, tetapi ia sertakan seluruh jiwa dan napas hidupnya

minatomr@gmail.com


Tinggalkan Komentar
Sekilas Info
Kepala Desa

MASNUR, SE Kepala Desa Jembayan Tengah yang terpilih pada pemilihan Kepala Desa Jembayan Tengah Periode 2022 - 2026

klik : https://jembayantengah.com/p/kepala-desa

Undang-undang No 6 Tahun 2014…

UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 TENTANG DESADesa adalah desa dan desa

Perpustakaan

Pelantikan Perangkat Desa

Bertempat di Gedung Balai Pertemuan Umum Desa Jembayan Tengah, Kecamatan Loa

Berita

Pelantikan Ketua RT

Desa Jembayan Tengah - Pada hari ini Rabu

Berita

Penjaringan Perangkat Desa Jembayan Tengah

Panitia pelaksana penjaringan perangkat desa

Berita

Desa Membangun Indonesia

Menemukan ruh pembangunan yang memberdayakan tidaklah mudah. Reformasi di

Perpustakaan

Kepala Desa Jembayan Tengah Menjabarkan Pelaksanaan…

Laporan Pelaksaaan APBDes Tahun Anggaran 2023 telah disampaikan Kepada BPD dan

Pengumuman

Penyerahan Bibit Buah Dalam Rangka Penghijauan…

Jembayan Tengah, 17 Januari 2024 – Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kutai Kartanegara

Berita

Keseruan Para Ibu Produktif Desa Jembayan…

Selasa 19 September 2023 di BPU Desa Jembayan

Sosial kemasyarakatan

Musrenbangdes 2023

Senin 18 September 2023 di BPU Desa Jembayan Tengah Kecamatan Loa Kulu Kabupaten Kutai

Berita

PELATIHAN KELEMBAGAAN DESA JEMBAYAN TENGAH

Kamis 10 Agustus 2023 di BPU Desa Jembayan Tengah Kecamatan Loa Kulu Kabupaten Kutai

Peraturan Desa

Comments

FAUZAN NUR 276 09 Jul 2023

Masya Allah, luar biasa...

Poling
Bagaimana menurut anda dengan pelayanan Kutaicoding?
Lihat Hasil
Statistik
User Online
1
Today Visitor
53
Hits hari ini
362
Total pengunjung
94163
IP Anda
35.174.62.162